Jadi, Blog ini Tentang Apa? Dan Kenapa Gua Mulai Nulis?


Menulis itu bagi gua membangun peradaban, dan Membaca adalah menghidupkan peradaban itu

J.S. Khairen

Melanjutkan apa yang kita bahas di postingan pertama blog ini, yaitu tanpa kita berani untuk memulai melakukan sesuatu, maka sebuah karya atau cita-cita tidak akan pernah terwujud. Mungkin menjadi penulis memang bukan (belum) menjadi cita-cita atau profesi yang gua inginkan.

Tapi, dengan gua mulai menulis, gua berharap bisa lebih mengenal potensi gua, mengasah kreatifitas, dan juga memberikan informasi atau pengetahuan yang selama ini gua punya, tapi gak punya media untuk menyampaikannya.

Jadi, berdasarkan sumber yang gua baca, inilah beberapa alasan kenapa kamu harus mulai menulis.

Membantu Kamu untuk Berkembang

Writing Write Fountain Pen - Free photo on Pixabay
pixabay.com

Hal pertama yang bisa kamu dapatkan ketika mulai menulis adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang dirimu, dan mengembangkan dirimu lebih baik.

Karena dengan merefleksikan diri melalui media tulisan, secara tidak sadar kamu akan mengenal dirimu sendiri, yang dapat kamu jadikan modal untuk berkembang menjadi lebih baik.

Mendapatkan Ide Baru!

Free picture: puzzles, card, logic, game
pixnio.com

Otak manusia adalah organ yang super, setidaknya terdapat 86 miliar neuron, dan lebih banyak lagi neuroglia. Nah dari sekian banyak neuron-neuron tersebut, mereka saling bertransmisi dan memproses informasi guna mengatur dan menjalankan tubuh, termasuk ketika kita berpikir.

Kita sering tiba-tiba memikirkan sesuatu, ketika buang air bahkan ketika kita beribadah. Pikiran-pikiran atau ide-ide tersebut muncul, dan terkadang pergi begitu saja atau benar-benar terlupakan. Sehingga, dengan menulis kita dapat membuat ide yang awalnya setengah-setengah, menjadi lebih solid.

Dengan menulis kita jadi punya kesempatan untuk mengevaluasi ide-ide kita, mengkoneksi satu ide dengan lainnya, dan menciptakan pertanyaan-pertanyaan baru yang mungkin muncul ketika kita menulis atau membagikannya ke orang lain, sehingga kita akan mendapatkan jawaban/solusi yang memuaskan.

Melatih dalam Menjelaskan Sesuatu

Computer Teacher In Ghana Has No Computers So He Draws Microsoft ...
npr.org

Ada sebuah ungkapan bahwa kamu tidak benar-benar paham sebuah materi, gagasan, pengetahuan, dll, sebelum kamu dapat menjelaskan kepada seorang anak kecil.

Dengan kamu belajar menulis, itu dapat meningkatkan pemahamanmu terhadap suatu konsep, definisi atau apapun itu, dengan melakukan parafrase atau menulisnya kembali sesuai dengan pemahamanmu tanpa mengubah maknanya.

Jadi, kapan kamu mau mulai menulis?

Referensi:


2 responses to “Jadi, Blog ini Tentang Apa? Dan Kenapa Gua Mulai Nulis?”

  1. I will be interested in more similar topics. i see you got really very useful topics , i will be always checking your blog thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *